Friday, May 19, 2017

sadiposip

Maluku Utara Bertekad jadi Tujuan Wisata Mancing Dunia

Jakarta, CNN Indonesia -- Luasnya wilayah laut yang dimiliki Maluku Utara, membuat Pemerintah Provinsi daerah tersebut bertekad mempopulerkannya sebagai salah satu tujuan wisata memancing di dunia.

Buyung Radjiloen, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Utara, mencatat wilayahnya terdiri dari 70 persen laut dan 30 persen darat. Hasil survei yang dilakukan instansinya, banyak pemancing yang menilai Maluku Utara memiliki banyak lokasi potensial untuk memancing. Beberapa diantaranya adalah Kabupaten Halmahera Selatan, Pulau Morotai, maupun Halmahera Timur.

Buyung mencatat, tiga daerah tersebut memiliki banyak jenis ikan yang menjadi buruan utama para pemancing dunia. Diantaranya tuna sirip kuning yang terkenal buas melakukan pertarungan di dalam air dengan para pemancing.

Untuk bisa mewujudkan cita-cita sebagai surga baru pemancing dunia, Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Utara mulai gencar menggelar sejumlah kejuaraan mancing dengan pemerintahan di bawahnya. Salah satunya dengan Kabupaten Halmahera Timur mulai 18-20 Mei 2017.

Kejuaraan serupa akan dilaksanakan di Kabupaten Pulau Morotai pada akhir Juli 2017 dan di Pulau Widi, Kabupaten Halmahera Selatan pada akhir Oktober 2017.

"Para pemancing profesional dari dalam dan luar negeri sudah menunjukan ketertarikan akan potensi wisata mancing di Malut, seperti terlihat pada penyelenggaraan turnamen di Halmahera Timur. Ada 13 klub mancing dari berbagai daerah di Indonesia yang berlomba," kata Buyung, dikutip dari Antara, Jumat (19/5).

Sedangkan untuk penyelenggaraan Widi Fishing International Tournament, sejauh ini sudah ada lebih dari 10 klub mancing dari delapan negara, di antaranya Amerika Serikat, Australia dan Singapura yang menyatakan siap berkompetisi dalam lomba tersebut.

Buyung mengharapkan seluruh kabupaten/ kota di Malut dapat mengagendakan penyelenggaraan wisata macing di wilayah masing-masing dan dijadikan ajang tahunan karena berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan. (ard)

This article forwarded via FORWARD RSS - http://forward.fullcontentrss.com If you no longer wish to receive email from Forward RSS, click here to unsubscribe: http://forward.fullcontentrss.com/unsubscribe.php

Subscribe to this Blog via Email :